Twitter

Pentingnya Internet Bagi Pendidikan

Author Unknown - -
Home » Pentingnya Internet Bagi Pendidikan



Di era modern ini internet sudah menjadi hal yang sangat erat bagi siapapun dalam memperluas wawasannya baik melalui informasi berupa artikel,  gambar, ataupun video. Begitu juga dengan dunia pendidikan, internet menjadi salah satu pilihan dalam kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah maupun di luar sekolah.

Dewasa ini, Internet jadi bagian penting dari proses pendidikan. Beragam sumber daya untuk belajar dan mendidik yang diimplementasikan ke dalam rencana pelajaran dan pekerjaan rumah sehari-hari bisa dilakukan melalui internet. Siswa dan guru dapat mengakses jumlah tak terbatas informasi untuk memperluas wawasan.

Bahkan internet merupakan media informasi yang banyak dipakai bagi anak sdkolah untuk sumber data dalam membuat makalah, atau seorang calon sarjana dalam mencari referensi untuk skripsinya, bahkan seorang calon Magister yang mengumpulkan beragam daftar pustaka untuk tesisnya. 

Lalu seberapa penting dan fakta manfaatnya internet bagi dunia pendidikan saat ini, berikut ulasannya:
1.     Internet memberikan para siswa dan pendidik akses pada sumber daya pendidikan yang luas. Banyak rencana pelajaran, tutorial dan program yang tersedia secara online. Bahkan universitas ternama dunia MIT menawarkan kursus online terbuka secara gratis. Universitas Yale, Berkeley, Stanford, Harvard, dan juga menawarkan kursus gratis dalam segala hal mulai dari bahasa, sastra dan teknik. Kursus ini tidak memerlukan biaya tetapi tersedia bagi siapa saja yang dapat terhubung ke Internet. Ada banyak sumber informasi dan jika salah satu sumber tidak jelas atau membingungkan, kita biasanya dapat menemukan sumber alternatif yang lebih dimengerti.
2.     Instruksi online di berbagai bidang seperti matematika dan bahasa membuat penggunaan perangkat lunak sangat efektif, yang memiliki kesabaran tak terbatas dan tidak menghakimi. Beberapa perangkat lunak untuk program-program pendidikan yang mahir menentukan mengapa siswa melakukan kesalahan dan mampu mendidik mereka melalui praktek dan contoh, salah satunya ACT tutor memanfaatkan sumber daya yang berbeda termasuk tutorial online untuk memajukan proses pendidikan. 
3.     Pendidikan online menyediakan sumber daya bagi siswa yang biasanya tidak memiliki kesempatan untuk mengakses lembaga pendidikan. Siswa yang memiliki penghasilan terbatas dan harus bekerja penuh waktu atau mereka yang memiliki kendala kesehatan dapat menghadiri sekolah tinggi atau pasca-sekolah menengah secara online. Banyak sekolah tinggi yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan bagi masyarakat luas.
4.     Internet menyediakan siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi dengan kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain dan menjawab pertanyaan mereka yang tidak bisa dijawab sendiri. Proyek menakjubkan di bidang ilmu pengetahuan, pengembangan perangkat lunak dan organisasi seperti Wikipedia dan Guttenberg dipelihara oleh sukarelawan dan membuat dampak besar di seluruh dunia pada pengetahuan manusia.

Adalah fakta bahwa Wikipedia menjadi sumber referensi pengetahuan dan pembelajaran materi di seluruh dunia. Bagaimana dengan Indonesia? Masihkah pendidikan diperjualbelikan demi politik dan kekayaan? Rasanya tak akan pernah maju jika pemerintah sama sekali tak mendukung program pendidikan yang lebih baik.

Jadi buat para generasi muda mari kita perluas wawasan dengan menggunakan internet sebaik-baiknya. Gunakan smartphone kita untuk mengeruk pengetahuan sebanyak-banyaknya dari jutaan website yang ada di dunia.